nuffnang

    Friday, February 5, 2016

    hamil anggur a.k.a mola hidatidosa :(

    kisah di poliklinik obstetric dan gynecology


    "selamat pagi ibu, ibu kali pertama ya di sini, ada yang bisa dibantu?"

    "saya hamil kira-kira udah 7 bulan tapi saya tidak merasakan gerakan bayi sama sekali"

    "ibu pernah periksa ke doktor sebelumnya?"

    "tidak pernah, soalnya saya itu takut ke doktor karena dulunya saya pernah melihat kakak saya melahirkan, terus saya jadi trauma untuk hamil dan melahirkan...awalnya saya tidak datang bulan, kemudian ada mual dan muntah...saya kemudiannya melakukan 'test pack' dah hasilnya didapatkan positif, garis dua...habis itu saya tidak pernah kontrol ke dokter sama sekali"


    "ok ibu, sekarang ibu berbaring dan saya akan USG ibu terlebih dahulu"

    "kulihat ctatan dari bidan yang merujuk ke doktor spesialis kandungan dan kebidanan, dengan diagnosa IUFD (intra uterine fetal death}"

    ini bagus, buat kes partus (kelahiran) normal...biasanya bayi sudah sebesr ini, ibu akan diinduksi untuk melahirkan bayinya secara normal walaupun nanti lahirnya sudah meninggal..setidaknya bayi itu akan tetap lahir, walaupun sudah tidak ada :( tidak peru dioperasi.


    "sewaktu doktor melarikan USG di atas perut ibu yang sudah agak besar itu, memang tidak terlihat janin sama sekali"

    "ibu, ini bayi tidak ada ya bu, saya tidak melihat bayi sama sekali...ibu hamil anggur"

    "kok bisa ya dok?"

    "iyaaa...biasanya kalau ibu kontrol ke dokter sewaktu usia kandungan masih kecil, kita akan lagsung termnasi kandungan ini, akan dikuret dan dikeluarkan...kerana ibu cuma hamil anggur, tidak ada bayinya"


    wajah ibu itu terlalu tenang dan santai...


    aku tidak tahu apa yang dirasakannya buat waktu itu....dia sedih, atau terkilan aku juga tidak dapat meneka...

    "ibu saya rencana untuk dikuret yaa, nanti diperiksa dulu darah, jantung dan beberapa pemeriksaan lagi..."

    kisah ini aku ceritakan kepada perawat di ruangan.

    kata ibu perawat, itu doanya dimakbulkan tuhan...kan dia tidak mau hamil dan melahirkan, jadinya dikasi hamil anggur...tidak ada bayinya, tapi hamil T_T

    Dia juga trauma, tidak mau cek ke doktor sama sekali sampaikan hamil sudah besar....hmmm..




    how can this situasion happen?

    hamil anggur ni adalah situasi abnormal kehamilan di mana vili chorionic menjadi kita yang dipenuhi cairan, menjadi gelembung-gelembung yang dipenuhi dengan air...hal ini biasanya terjadi sewaktu fertilisation, sel telur hilang/tidak aktif sehingga tidak membentuk hasil konsepsi (Janin, placenta, amniotic fluids) tapi menjadi tumor jinak.


    biasanya akan diketahui pada usia kehamilan 14-16 minggu, dan pada ibu yang rutin periksa ke doktor...perut juga membesar abnormal, lebih besar dari usia sebenar kehamilan..akan ada juga mual muntah, sesak dan kadangkala terjadi pendarahan.





    Ni haaa..hamil anggur


    contoh gambaran radiologis USG


    tumben yaaaa gw udate kisah2 di rumah sakit..ahahaha..ni tengah department obstetric dan gynecology dekat dan ada wifi yang memang laju habis...pakai bahasa indonesia bangett...yaudahla ya...

    sebenarnya rasa scary nk balik malaysia sebab bahasa especially..huhuuu...ok that's all..


    nanti kalau rain ditulis lagi :D

    No comments:

    nuffnang

    LinkWithin

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...